[REVIEW] WARDAH ESSENTIAL FACIAL WASH

Friday, December 23, 2016

Assalaamu'alaikum ^^
Hello everyone!
Pada postingan kali ini aku akan review tentang Wardah Essential Facial Wash. Tidak hanya itu, aku juga membandingkannya dengan Wardah Lightening Gentle Wash dan Wardah Lightening Creamy Foam. Penasaran? Selamat membaca ^^


***
Product: Wardah Essential Facial Wash
Price: IDR 15.000
Where to buy: counter Wardah, minimarket, supermarket, etc.
Official website: www.wardahbeauty.com
***

PACKAGING
Aku suka dengan pilihan tema warna untuk kemasan Wardah Essential Facial Wash, hijau tosca!

PRODUCT DESCRIPTION, DIRECTION, AND INGREDIENTS

Product descrption and direction

Ingredients, etc.

REVIEW
Di claim bahwa Wardah Essential Facial Wash merupakan pembersih wajah yang lembut dan nyaman yang efektif membersihkan wajah dari kotoran tanpa menghilangan kelembaban kulit. Hasil akhir yang akan didapat adalah kulit terasa bersih, segar, dan lembab.

Berdasarkan pengalamanku memakai Wardah Essential Facial Wash hingga sekarang yang mungkin tinggal tersisa 20% saja di dalam tube, produk ini bekerja dan memberikan hasil sebagaimana claim-nya.

Wardah Essential Facial Wash efektif membersihkan wajah dari kotoran. Aku definisikan secara pribadi, kotoran yang terangkat adalah kotoran semacam debu yang hanya menempel pada permukaan wajah, bukan makeup! Kenapa bukan makeup? Karena kemampuan Wardah Essential Facial Wash untuk mengangkat makeup sangatlah lemah. But, it's ok! Wardah Essential Facial Wash memang tidak memberikan claim bahwa produk ini bisa mengangkat makeup, ya! Oleh karena itu, biasanya aku memakai cleansing oil terlebih dahulu untuk mengangkat makeup, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan Wardah Essential Facial Wash untuk meyakinkan bahwa minyak dan kotoran terangkat sempurna. Well, setelah menggunakan Wardah Essential Facial Wash aku merasa kulitku bersih, segar, dan tetap lembab sesuai dengan claim-nya.

Ohiya, Wardah Essential Facial Wash mengandung ekstrak rumput laut. Rumput laut memiliki banyak manfaat untuk kulit seperti meremajakan kulit, mencerahkan, menghaluskan, bahkan juga bisa menekan pertumbuhan/peradangan pada jerawat. Tapi, berdasarkan deskripsi produk, Wardah Essential Facial Wash tidak menekankan claim ke arah sana. Wardah Essential Facial Wash hanya menekankan pada kemampuan membersihkan kotoran, namun juga tetap bisa menjaga kelembaban kulit. Anyways, kandungan rumput laut tidak dominan pada produk ini. Perhatikan saja pada bagian ingredients, "Algae extract" ada di bagian agak akhir. Daan produk ini memang masih mengandung paraben. Tapi, berdasarkan list ingredients juga, di mana paraben terdapat pada urutan paling terakhir, so aku gak mempermasalahkan. Kenapa? Karena paraben berfungsi untuk mengawetkan produk dan dapat diartikan bahwa kadarnya sedikit (tidak dominan).

Texture & Scents
Tekstur awalnya menyerupai gel, setelah dibasahi dengan air akan menghasilkan busa yang tidak telalu banyak. Tidak ada aroma khas dari produk ini dan menurutku tidak mengganggu.

Perbandingan antara Wardah Lightening Gentle Wash, Wardah Essential Facial Wash, dan Wardah Lightening Creamy Foam
Source: www.elevenia.com
Aku sudah mencoba 3 produk cuci muka dari Wardah. Selama 5 tahun terakhir aku selalu menggunakan Wardah Lightening Gentle Wash, dari mulai formulanya yang sangat licin tidak ada busa sama sekali, sampai sekarang yang formulanya mulai ada busanya sedikiiit, dan menurut aku Wardah Lightening Gentle Wash memang gentle banget untuk kulit aku. Karena mulai bosan, aku pun mencoba Wardah Lightening Creamy Foam, aku kurang suka dengan produk itu karena busanya yang melimpah membuat kulitku menjadi kering. Akhirnya, karena aku masih bosan dengan Wardah Lightening Gentle Wash, aku coba deh Wardah Essential Facial Wash ini. Di antara Wardah Lightening Gentle Wash dan Wardah Lightening Creamy Foam, menurutku Wardah Essential Facial Wash ini berada ditengah-tengah keduanya. Busa yang dihasilkan tidak sebanyak Wardah Creamy Foam, tapi juga tidak sesedikit Wardah Gentle Wash. Namun, untuk hasil melembabkannya tidak terlalu beda jauh dengan Wardah Gentle Wash. Btw, dari segi harga, bedanya cuma sekitar IDR 500 - 1.500 aja kok. Gak terlalu signifikan, jadi masih affordable semua.

Dari 3 produk cuci muka Wardah yang sudah aku coba. Wardah Essential Facial Wash sekarang jadi favoritku. Kalau aku urutkan dari yang paling aku suka adalah sebagai berikut.
1. Wardah Essential Facial Wash
2. Wardah Lightening Gentle Wash (mungkin karena aku bosan aja kali ya hahaha)
3. Wardah Lightening Creamy Foam

Kalau kalian lebih suka yang mana? Share di kolom komentar ya ;)

CONCLUSION
Pros
- Affordable price
- Gently cleanses without stripping moisture
- Loves the color of the packaging

Cons
- nothing

***
Last but not least, thank you for reading. See you on my next post!

Don't forget to follow my blog:
GFC (you can click "join this site" on the left side of this blog)
Instagram: @vidazenitha
Facebook: Vida Zenitha

CONTACT
Email: vidazenitha@gmail.com
Line: vida_zenitha

Thank you!
Wassalam.

You Might Also Like

19 comments

  1. Dulu aku pake wardah, cocok sih. cuman bosen terus sekarang pake himalaya udah kaya di pelet males nyari yang baru

    www.skilled-daydreamer.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sabun muka yang utama udah 5 tahunan setia sama wardah, ganti pun cuma lari ke varian lainnya aja hahaha. Enak kalau pas habis belum sempet beli, nitip di beliin aja sama temen, gampang dicari XD

      Delete
  2. Aku belum pernah coba produk dari wardah sebelumnya.. Tapi sekarang jadi pengen coba wardah essential facial wash ini..haha sepertinya menarik..hihi

    Www.beautyskill.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo dicoba ^^ aku sudah pakai beberapa produk wardah, kualitasnya oke, gak terlalu mengecewakan ^^

      Delete
  3. Aku pernah pakai yg ini cuma ga suka, kering banget muka setelahnya.
    Tapi aku pakai yg acne dan cocok walaupun wanginya terlalu kuat :D

    www.indiranyan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. waahh..beda jenis kulit, ternyata hasilnya beda. Padahal diketerangan wardah tertulis untuk semua jenis kulit.
      thank you for sharing, Indira :)

      Delete
  4. Aku juga pakai facial wash dari Wardah tapi favoritku yang Lightening Gentle Wash. Punya yang essential ini, tapi belum dicoba. Jadi penasaran hehe.

    www.ernykurnia.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dicoba, gak kalah bagus dari yg gentle wash ^^

      Delete
  5. aku wardah facial foam belum pernah nyobain, kalo wardah paling aku makeupnya bukan skincarenya. jadi pengen nyobain

    beautybyliana.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo coba, siapa tau cocok ^^
      btw, karena produk wardah paling gampang didapat, dan waktu itu aku masih belum tau banyak brand2 makeup/skincare. Jadi, makeup dan skincare ku banyak juga dari Wardah. Tp setelah sering blogwalking, jadi keracunan pingin nyoba dari brand ina itu inu hahaha

      Delete
  6. aku belum pernah nyoba facial wash-nya wardah tapi banyak yang bilang bagus, yang pernah aku coba sih cuma sunscreen-nya aja tapi bagus juga kok dan cocok di muka aku.. hehe

    ReplyDelete
  7. udah nyobain dan berasa cocok sama yang ini. kulit berasa halus dan emang bikin kulit tetep lembap. patut buat dicoba.

    ReplyDelete
  8. Bisa buat kulit kering kan itu? Takut ga cocok): nanti malah tambah kering ini muka):

    ReplyDelete
  9. Sekarang aku lagi coba Wardah Essential Facial Wash, udah jalan 2 mingguan.. Aku nggak bisa rasain perbedaannya waktu aku pakek garnier dulu. Tapi yang pasti, kalau abis pakek Wardah Essential Facial Wash ini, kulit wajah aku terasa lebih segar dan lebih halus.

    ReplyDelete
  10. Aku belum coba yang ini. Soalnya aku pakek wardah lightening gentle wash semenjak lulus SMA . dan mulai kerja . tahun 2012. Sampe 2017. Soalnyaa cocok banget. Bisa menghilangkan bekas jerawat dgn cepat . skrg jerawat besok udh kering lusa lngsung ilang. Tapiii itu dulu sebelum si wardah lightening gentle wash ganti tampilan kemasan baru isinya pun jadi berubah pdhl kandungannya masih sama . yg lightening gentle wash dlu isinya putih bening. Tp yang kemasan baru isinya putih susu dan sehabis pakek wajah rada panas n perih. Akhirnya move on. Tapi maskernya masih setia sm wardah essential facial mask udh 6thn . cumn gra2 si gentle wash ganti kmasan. Smpe skrg masih ada problem di mukaaaa . sedih jadinya. Terus nyoba pakek cetaphil. N alhmdulillah bisa sembuh n jerawat dan bekasnya pun hilang tapi hargax yg mahal. Jadi pengen nyooba yg ini hehe

    ReplyDelete
  11. sebelumnya aq belum pernah pakai facial wash dari wardah, aku punya tipe kulit wajah yg kering tp kebanyakan yg terlalu kering pas bagian samping bibir kaya ngopek" gitu,. ada temen yg nyaranin pakai yg aloe vera facial wash ada yg nyaranin pakai assential facial wash
    jadi bingun mau beli yg mana,.. hehe 😂

    ReplyDelete
  12. Apa produk ini boleh dipake buat umur 15thn?

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

PART OF INDONESIAN HIJAB BLOGGER

PART OF INDONESIAN FEMALE BLOGGERS

https://www.facebook.com/groups/1949767178581022/

PART OF BLOGGER PEREMPUAN

Blogger Perempuan

Subscribe